Selasa, 21 April 2009

SciTE Editor, Software Kecil Nan Tangguh

Scite begitu nama panggilannya. Ketika saya mulai menggunakan TinyMe menggantikan bapaknya PCLINUXOS di Laptop saya yang jadul nan lemot, saya mendapatkan software ini. Sebenarnya saya tidak begitu tertarik dengan Scite, hingga suatu ketika kebingungan mencari software pengganti Dreamweaver di W1nD0$ . Kebetulan saya sedang melakukan editing website php mysql based.
Sempat install wine sich (hehehe...) tapi emang dasar laptop jadul, ya mo apa lagi.. lemot ya lemot!! Problem ini belum terpecahkan hingga suatu hari saya ingin menyimpan sebuah URL yang saya anggap penting. Kebiasaan saya adalah selalu menyimpan url di notepad bukan di bookmark (entah karena apa, tapi terus terang ini hanya kebiasaan saya). Saya buka SciTE. belum ada sensasi. Tapi ketika melihat menu Language uppss!! whats this ? Eit... tunggu dulu...
ini mirip Emacs!
Dan saya memutuskan untuk mencari Home Site-nya SciTE. Owww.. punya saya ternyata sudah usang.
so...
1. Buka Synaptic , Reload dan Upgrade SciTE.
2. Buka Web SciTE dan download Extras untuk PHP. Tapi belum puas dengan tampilannya yang masih kalah dengan Dreamweaver. Di Dreamweaver ada autocompletion-nya. Paman Google ngasi tau kalau kita bisa upgrade tampilan SciTE biar semantabz Dreamweaver. Terima kasih kepada seorang Expert "Spode" yang sudah mencurahkan hasil kreasinya kepada khalayak umum. Sooo... lets do it!!
3. Simple banget, cukup klik Option lalu klik Open User Option File. Dan paste kode ini



# Load the PHP api file
api.$(file.patterns.php)=$(SciteDefaultHome)/php.api
# Call Tips settings
calltip.hypertext.end.definition=)
calltip.hypertext.word.characters=->_$(chars.alpha)
calltip.hypertext.ignorecase=1
# Autocomplete settings
autocomplete.hypertext.start.characters=$->(chars.alpha)
autocomplete.hypertext.ignorecase=1
# File open filters
open.filter=All Files|*.*|PHP Files|*.php
#default.file.ext=.php
# Display line numbers on the left hand side
line.margin.visible=1
line.margin.width=3+
# Shows the currently selected file name in the title bar.
title.full.path=1
title.show.buffers=1
# Saves the session for next time it is open.
save.recent=1
save.session=1
load.on.activate=1
# Allows up to 25 tabs to be open at once
buffers=25
# Move the message pane
split.vertical=0




4. Simpan deh... lalu restart SciTE nya.
5. Dicoba, nich... liat hasilnya

cakep kan ? Oya, Biar tambah keren lagi, kita dapat menambahkan CallTips (membantu kita mengingat format function saat coding). Untuk menambahkan, sama gampangnya.

1. Download dulu SciteJsCallTips,
2. Extract dan taruh file-nya di /usr/share/scite
3. Buka kembali opsi di Scite Option --> Open Local Option File
4. Tambahka Baris


# Import sciteJsCalltips
import sciteJsCalltips

di akhir baris.
5. Restart SciTE dan mari kita test ...
Oke kan ??

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda