Jumat, 21 November 2008

Blankon. Linux distro buatan Anak Negeri

Distrowatch adalah sebuah website yang memuat update tentang distro linux. Negara asal distro tersebut tersebar merata. Mulai dari Jepang, Cina, Amerika, Rusia, dll.. Disebutkan asal negara dari sebuah distro seolah menjadi barometer komitmen negara tersebut terhadap dunia open source.

Pertanyaannya..
Indonesia kapan ???
Terus terang saya ingin sekali dunia mengakui bahwa Indonesia yang kini sedang dilanda krisis, memberi perhatian terhadap dunia open source, khususnya Linux OS.
Kita sendiri mengetahui bahwa komunitas open source di Indonesia berkembang pesat. Dan sudah lama komunitas di Indonesia mengembangkan teknologi berbasis Open source. Salah satu langkah nyata adalah IGOS (Indonesia Goes Open Source). Kita tahu itu, tapi sekarang.. apa dunia mengakui ?

Nah, baru-baru ini tanggal 16 Nopember 2008 saya lega dan berbangga hati, karena Distrowatch memunculkan sebuah distro buatan anak Indonesia, yakni Blankon.

Terus terang saya sendiri belum pernah mencoba distro ini. Akan tetapi saya yakin distro ini akan disukai banyak orang, khususnya orang Indonesia karena mempunyai dukungan interface bahasa Indonesia dan software yang di-include-kan disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

Bravo Blankon!!!
Bravo Open Source Indonesia !!

2 Komentar:

Blogger editya mengatakan...

aku linux masih pake ubuntu blm pernah pake yg lainnya...bahas ubuntu dooong

29 Januari 2009 pukul 05.25  
Blogger Unknown mengatakan...

Untuk Ubuntu banyak sekali penggunanya. Lain kali saya bahas Ubuntu deh..

16 Juni 2009 pukul 01.52  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda